Media Sosial vs Website : Mana yang Lebih Baik untuk Berjualan?

//Media Sosial vs Website : Mana yang Lebih Baik untuk Berjualan?

Media Sosial vs Website : Mana yang Lebih Baik untuk Berjualan?

Perkembangan dunia teknologi, membuat pengguna mudah mengakses internet dari berbagai perangkat gadget. Pengguna media sosial pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Facebook salah satu media sosial yang populer hingga saat ini. Seperti di lansir situs fb.com tercatat 890 juta pengguna aktif setiap harinya.

Dengan popularitas media sosial, banyak kalangan perusahaan, bisnis atau jasa menggunakan situs media sosial seperti facebook dan twitter untuk melakukan penjualan online produk mereka. Seberapa efektif berjualan melalui media sosial?

Media Sosial vs Website

Media sosial sangat bagus untuk memperluas dan membangun jaringan mitra bisnis, tapi masalahnya adalah banyak perusahaan yang hanya fokus pada sosial media dan tidak memiliki website atau toko online. Pentingkah memliki website? Baca artikel alasan bisnis anda memiliki website. Berjualan melalui media sosial memiliki beberapa kelemahan dalam memasarkan produk, lalu apa saja kekurangan-kekurangan berjualan di facebook (medsos)?

1. Kesulitan membagikan informasi detail

membagikan-informasiAnda mungkin kesulitan membagikan informasi secara detail tentang seputar produk atau layanan yang anda tawarkan. Hal ini dikarenakan media sosial tempat dimana orang saling berbagi informasi singkat, padat dan cepat. Dengan demikian, tidak cukup banyak informasi yang anda sampaikan di media sosial.

Berbeda jika anda memiliki website, dimana anda bisa memberikan layanan tanya jawab untuk mengetahui keinginan calon pelanggan Anda.

2. Update informasi yang terlalu cepat

Media sosial banyak sekali update dan posting setiap harinya yang dapat menimpa update sebelumnya menjadi tidak terlihat karena posting baru di antara informasi lain, dan tidak menutup kemungkinan informasi yang berasal dari pesaing atau jaringan anda.

Mungkin anda bisa saja memperbaharui posting tersebut setiap saat, tapi apakah anda punya waktu untuk itu?

3. Calon pelanggan tidak menemukan Anda di GoogleGoogle-404-not-found-error

Kebanyakan calon pelanggan akan menggunakan Google sebagai mesin pencarian produk atau layanan yang mereka cari. Karena Google lebih efisien dibandingkan harus mencari satu-persatu di media sosial.

Google juga memberikan saran ketika memasukkan kata kunci yang berkaitan dengan apa yang mereka cari, dan kebanyakan hasil pencarian yang muncul adalah alamat-alamat website bukan akun media sosial sekalipun anda menawarkan produk atau layanan terkait.

4. Kurangnya kepercayaan konsumen

Calon konsumen tidak mudah mempercayai produk atau jasa yang anda tawarkan melalui media sosial saja. Kebanyakan konsumen lebih percaya terhadap penyedia barang atau jasa yang memiliki website profesional, komunikatif serta memberikan informasi dan kontak yang jelas.

Kesimpulan Media Sosial dibandingkan Website

Tidak ada salahnya anda menggunakan sosial media sebagai sarana memperluas pemasaran dan membangun jaringan. Namun lebih baik jika Anda memiliki website atau toko online sendiri yang profesional dan mobile friendly.

ecommerce_solutions

Sebagian besar pemilik website atau toko online menggunakan media sosial sebagai sarana memberikan tautan-tautan yang berisi informasi produk atau layanan yang sudah ada di website. Tentunya hal ini lebih efektif dan efisien untuk mengembangkan produk atau jasa Anda.

Anda harus memikirkan cara terbaik untuk menjawab tantangan tersebut dalam melakukan promosi penjualan. Solusi membuat website atau toko online adalah pilihan tepat untuk menghadapi persaingan global.

Jadi, miliki sekarang juga website profesional dan tingkatkan penjualan Anda!

Leave a Reply